Cara Membuat Kartu Keluarga Online itu Mudah, ini Langkahnya!

Layaknya Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga alias KK adalah dokumen penting yang wajib dimiliki oleh setiap keluarga. Alasannya, Kartu Keluarga merupakan salah satu syarat utama untuk mengurus berbagai keperluan administrasi di pemerintahan, seperti untuk membuat paspor atau mengurus surat pernikahan.

Kartu Keluarga juga wajib dimiliki oleh setiap pasangan yang baru menikah. Dengan adanya dokumen itu, setiap pasangan bisa mengurus berbagai keperluan penting, seperti halnya untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah alias KPR di lembaga perbankan.

Ngomongin Kartu Keluarga, ada info penting yang perlu kamu tahu. Sekarang, bikin Kartu Keluarga sudah sangat gampang dengan diberlakukannya metode online. Cukup dengan jaringan internet, siapapun bisa membuat Kartu Keluarga dari manapun tanpa perlu mondar-mandir ke kantor pemerintahan terkait.

Pertanyaannya, bagaimana cara membuat Kartu Keluarga online? Simak ulasannya di bawah ini!

READ  Cara Membuat KTP itu mudah, ini Syarat dan Prosedurnya!

Bikin Kartu Keluarga via situs Kemendagri

Berdasarkan data yang diungkap Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), KTP dan Kartu Keluarga adalah 2 dokumen penting yang paling banyak diurus oleh masyarakat di Tanah Air. Atas dasar itu, Kemendagri mempermudah proses pembuatannya lewat situs resmi mereka. Berikut cara membuat Kartu Keluarga online melalui situs Kemendagri:

Langkah pertama, daftar terlebih dulu di situs Kemendagri. Ikuti langkah ini:

– Masuk ke halaman https://layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id.

– Siapkan Nomor Induk Kependudukan dan KTP elektronik untuk membuat akun.

– Isi data dengan lengkap, mulai dari 16 angka NIK, Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nomor Ponsel aktif, Email, Kata Sandi, dan Captcha.

– Setelah itu, lakukan verifikasi data dengan memasukkan kode yang dikirim ke nomor handphone.

Langkah kedua, kunjungi aplikasi SaPA Kemendagri

– Jika sudah mendaftar, akun yang kamu buat bisa dipakai untuk masuk ke aplikasi SaPA Kemendagri. Setelah masuk aplikasi itu, kamu bisa ajukan permohonan untuk bikin Kartu Keluarga.

READ  Gampang Banget, ini Cara Dark Mode Instagram di Ponsel Android dan iOS!

– Untuk masuk ke dalam aplikasi SaPA Kemendagri, kamu bisa gunakan nomor handphone dan kata sandi yang telah didaftarkan.

– Pilih pengurusan dokumen secara online.

– Isi form pembuatan Kartu Keluarga.

– Jika sudah, kamu bakal mendapatkan notifikasi untuk mencetak Kartu Keluarga.

Nah, kalo sudah dapat notifikasi, kamu bisa lakukan pencetakan secara mandiri. Kamu bisa pakai kertas HVS 80 gram atau melakukan pencetakan di anjungan mandiri yang terdapat di Mal atau Balai Kota.

Cara bikin Kartu Keluarga lewat aplikasi Disdukcapil

Selain lewat SaPA Kemendagri, cara membuat Kartu Keluarga online juga bisa dilakukan melalui aplikasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di Kabupaten atau Kota sesuai domisilimu. Umumnya, masing-masing Disdukcapil punya aplikasi tersendiri.

READ  Mau Tahu Cara Daftar Kartu Prakerja Online? Simak Jawabannya di Sini!

Kamu perlu menyiapkan sejumlah dokumen sebagai syarat untuk cara membuat Kartu Keluarga online melalui Disdukcapil. Di antaranya adalah KTP, Nomor Handphone, dan Email. Jika sudah lengkap, kamu bisa mendaftar di aplikasi tersebut dengan memasukkan sejumlah data yang telah disebutkan. Oh ya, pastikan nomor handphone kamu aktif ya, karena pihak Disdukcapil bakal mengirimkan PIN dan notifikasi untuk melakukan pencetakan Kartu Keluarga.

Perlu kamu ingat, PIN yang dikirim sifatnya adalah rahasia dan akan masuk ke notifikasi email atau ponsel kamu. Jaga baik-baik PIN tersebut agar tak disalaghunakan oleh orang lain!

Secara keseluruhan, itulah cara membuat Kartu Keluarga online dengan langkah yang sangat mudah. Segera buat dokumen tersebut agar lebih mudah saat akan mengurus dokumen-dokumen kependudukan lainnya.

You May Also Like

About the Author: Rizki Antoni