Cek Nih, Pesan Michael Bloomberg kepada Generasi Muda yang Mau Sukses!

Topik tentang kesuksesan selalu menarik untuk diperbincangkan. Nah, dalam kesempatan ini, saya mau ngebahas tentang tips meraih sukses yang disampaikan oleh Michael Bloomberg. Yuk, simak sampai tuntas!

Beberapa waktu lalu, Michael Bloomberg pernah melontarkan sebuah kalimat yang sangat inspiratif. Pernyataan itu ia sampaikan saat menjadi pembicara dalam sebuah acara yang dihelat di Harvard Business School.

Kira-kira, begini pernyataannya: “Yang terpenting bagi karier kamu bukanlah gaji awal, melainkan perkembangan dan kebahagiaan. Uang akan menyusul kemudian.”

Pada kesempatan itu, miliarder kenamaan ini menyarankan agar generasi muda melupakan gaji saat memikirkan pekerjaan pertama. Ia mengimbau agar para lulusan baru lebih mengejar kebahagiaan dan kesempatan untuk berkembang ketimbang memikirkan uang semata.

Ketika kamu menimbang pilihan pekerjaan, bahkan jika di masa depan saat kamu ingin mengubah karier, cobalah untuk kesampingkan gaji dari pertimbangan. “Akan lebih baik kalau kamu membuat keputusan yang tepat berdasarkan kualitas peluang dan kesempatan untuk berkembang,” ujarnya.

See also  Wah, Sifat Individualis bisa Bikin Orang jadi Sukses! Kok bisa Sih?

Pria 77 tahun ini juga memberikan pengalaman hidup yang ia dapat saat melakoni pekerjaan pertamanya bersama Salomon Brothers. Michael Bloomberg menekankan pentingnya etika dalam hal tersebut.

Sebagai seorang anak yang berusia 24 tahun kala itu, pria ini banyak belajar tentang etika di lingkungan kerja. Ia pun memberikan sejumlah nasehat kepada para mahasiswa yang hadir agar bisa sukses di dunia kerja.

Beberapa poinnya adalah sebagai berikut: harus selalu bersikap jujur, berbagi dengan sesama, hindari sifat serakah, dan yang terakhir, jangan pernah meremehkan karyawan lain saat kamu sedang berada di atas.

Sementara itu, Michael Bloomberg juga menekankan bahwa sejatinya ada hal lain yang lebih penting ketimbang memikirkan uang. Menurutnya, masyarakat lebih menaruh hormat pada orang-orang yang bisa membuat perubahan daripada yang hanya memikirkan uang.

See also  Tingkatkan Penghasilan dengan Danain pada Bulan Inklusi Keuangan!

Dijelaskannya, berdasarkan pengalaman lebih dari 50 tahun di dunia bisnis dan pemerintahan, ia merasakan bahwa orang-orang menaruh rasa hormat jauh lebih besar kepada mereka yang menciptakan perbedaan di masyarakat ketimbang yang cuma menghasilkan uang. Begitu kata dia, seperti dikutip dari laman The Ladders.

Di sisi lain, sang miliarder juga mengingatkan kepada para calon pemimpin bisnis agar selalu menghargai karyawan yang menjadi rekan kerja. Menurutnya, banyak perusahaan yang memberikan gaji kecil kepada karyawan, sedangkan gaji CEO terlampau sangat besar. Michael Bloomberg menilai bahwa hal tersebut sangat tidak etis.

“Di Bloomberg, kami memberikan gaji kepada para pegawai dengan sangat baik. Kami berinvestasi pada pelatihan dan pendidikan karyawan. Kami juga menawarkan benefit terbaik kepada seluruh karyawan. Sebagai imbalannya, para pegawai akan ‘membayar’ kami sepuluh kali lipat dengan dedikasi dan loyalitas mereka,” terangnya.

Untuk diketahui, Michael Bloomberg adalah salah satu orang terkaya di Negeri Paman Sam dengan jumlah kekayaan mencapai 56,5 miliar dolar AS. Nggak cuma berbisnis, namun ia juga pernah menjabat sebagai walikota di New York pada masa jabatan 2002-2013.

See also  Pahami dengan Jelas, Perbedaan Jenis Uang Kartal dan Uang Giral!

Dan beberapa waktu lalu, Michael Bloomberg juga dikabarkan akan meramaikan bursa pemilihan presiden AS yang akan digelar pada tahun 2020. Menurut informasi yang dirilis majalah mingguan Kanada Maclean’s, motivasi sang miliarder ikut dalam ajang bergengsi tersebut adalah untuk mengembalikan kepercayaan dunia pada Amerika Serikat.

Disebutkan juga bahwa ada sejumlah hal yang menjadi prioritas sang miliarder dalam mencalonkan diri sebagai orang nomor satu di negara adidaya tersebut. Di antaranya meliputi sektor kesehatan masyarakat, isu perubahan iklim, serta pendidikan.

Ya, itulah sederet nasehat dan fakta menarik tentang Michael Bloomberg yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi kamu dalam menjalani kehidupan!