Inilah Arti Kesuksesan di Mata Para Miliarder, Ternyata Nggak Selalu Perkara Duit!

Definisi kesuksesan sangat bervariasi. Ada orang yang menganggap bahwa kesuksesan itu kalo punya gaji atau jabatan yang tinggi, tapi ada juga yang mengatakan jika kesuksesan itu adalah punya banyak usaha dan harta yang melimpah.

Ya, apapun itu, masing-masing orang punya pendapat yang berbeda tentang arti kesuksesan!

Nah, ngomongin kesuksesan, ada fakta menarik nih yang perlu kamu. Ternyata, orang-orang kaya alias miliarder di berbagai negara memiliki pengertian yang cukup unik terkait kesuksesan. Menurut para miliarder itu, kesuksesan tak selalu harus dilihat dari banyaknya uang atau perusahaan yang dimiliki.

Kalo kamu bertanya pada miliarder-miliarder itu tentang arti kesuksesan, mereka kemungkinan besar tak akan menyebutkan uang, investasi, atau angka sama sekali. Usut punya usut, rupanya mereka punya pemahaman tersendiri terkait hal tersebut.

Lalu, apa sih arti kesuksesan buat para orang kaya itu? Langsung saja, berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari laman CNBC:

See also  Simak Hingga Tuntas, ini Nasihat Jeff Bezos Buat Kalian yang Mau Mulai Bisnis!

Contents

Richard Branson

Pendiri Virgin Group ini menuturkan, sangat banyak orang yang memandang kesuksesan dari jumlah uang yang dihasilkan atau seberapa banyak orang yang berteman dengan mereka. Padahal, kata Branson, kesuksesan sejati itu harusnya dilihat dari sebahagia apa orang yang besangkutan.

Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa uang jadi ukuran sukses bagi seseorang. Padahal, lanjut dia, tak seharusnya demikian.

Tilman Fertitta

Dikatakan Fertitta, arti kesuksesan adalah siapapun yang melakukan hal lebih baik daripada orang lain. Menurut dia, keterampilan atau keahlian sangat tidak relevan. Ia tak peduli apa bisnisnya. Ia sangat menghormati orang-orang yang bisa membongkar mesin mobil kemudian menyatukannya lagi, pelukis yang bisa melukis dengan sempurna, atau juru kamera yang bisa mengambil visual terbaik.

See also  Mau Tau Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Benar? Simak Ulasannya di Bawah ini!

“Kita semua berbakat dengan cara kita sendiri. Hanya sebagian dari kita menghasilkan lebih banyak uang daripada yang lain,” jelasnya.

Mark Cuban

Sosok ini punya pendapat yang cukup unik tentang kesuksesan. Menurut Cuban, sukses adalah bangun di pagi hari dengan senyuman dan tahu bahwa hari itu akan jadi hari yang menggembirakan.

Cuban merasa bahagia dan seolah sukses saat dirinya masih miskin. Ia pernah tinggal berdesakan di apartemen dan tidur di lantai. Kata Cuban, “Saya akan bekerja keras untuk pergi ke suatu tempat, tapi saya bersenang-senang.”

Warren Buffett

Buffett juga punya pandangan yang berbeda tentang kesuksesan. Menurutnya, saat seseorang sudah seusia dirinya, kesuksesan akan diukur dari berapa banyak orang yang ingin dicintai, yang sungguh-sungguh mencintainya.

“Jika kamu sudah seusia saya dan tak ada yang berpikir baik tentang kamu, saya tak peduli seberapa besar isi rekening kamu, yang pasti hidup kamu adalah bencana,” pungkasnya.

See also  Bagaimana Sih Cara Cek Tagihan Listrik? Ini Langkah Mudahnya!

Dikatakan Buffett, ini adalah ujian terakhir tentang bagaimana kamu menjalani hidup. Sampai kapanpun, kamu tak akan pernah bisa membeli cinta. Satu-satunya cara untuk mendapatkannya adalah dengan menjadi orang yang menyenangkan.

Bill Gates

Pria ini punya dua definisi tentang kesuksesan. Yang pertama sama seperti Buffett, yakni ukurannya  adalah apakah orang-orang terdekat kamu bahagia dan mencintai kamu atau tidak. Dan yang kedua, ingin membuat dunia jadi tempat yang lebih baik.

John Paul DeJoria

Arti kesuksesan menurut DeJoria adalah bukan seberapa banyak uang yang kamu miliki, bukan pula sebuah posisi. Kepada Business Insider, ia mengatakan bahwa sukses itu adalah seberapa banyak kamu melakukan hal baik saat tak ada orang lain yang melihat.