Kata-kata Mutiara BJ Habibie ini Keren Banget, Simak Selengkapnya!

Bangsa Indonesia pernah memiliki putra terbaik yang bernama Bacharuddin Jusuf Habibie. Selain jadi Presiden Indonesia yang ketiga, pria yang akrab disapa BJ Habibie ini juga populer berkat berbagai karyanya yang sangat mengagumkan. Ya, seperti yang kita tahu tentu saja paling keren di dunia aviasi alias penerbangan.

Oke, dalam kesempatan ini, saya akan jabarkan secara singkat perjalanan hidup BJ Habibie yang sangat menginspirasi!

Sebagai informasi, BJ Habibie lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936. BJ Habibie adalah anak keempat dari delapan bersaudara. Ayahnya keturunan Bugis, sementara ibunya berdarah Jawa.

BJ Habibie kecil sudah menunjukkan kecerdasan yang sangat hebat. Ia begitu tertarik dengan ilmu Fisika. Pada tahun 1954, ia mengambil Jurusan Teknik Mesin di Universitas Indonesia Bandung (ITB). Satu tahun berselang, ia memutuskan berkuliah di Jerman dengan jurusan Teknik Penerbangan.

Pada tahun 1960, BJ Habibie meraih gelar Diploma Teknik dengan predikat sangat memuaskan, yakni cumlaude. Lima tahun setelah itu, ia mendapatkan gelar Doktor Teknik dengan predikat summa cumlaude. Jika dihitung-hitung, BJ Habibie menjalani masa pendidikan di negeri tersebut selama 10 tahun.

READ  Cek Nih, Tips Traktir Teman saat Ulang Tahun biar Dompet Nggak Boncos!

Usai lulus kuliah, BJ Habibie bekerja di sebuah perusahaan penerbangan yang berlokasi di Hamburg. Sejumlah jabatan penting pernah ia emban, hingga akhirnya dipercaya menjadi Vice President di MBB pada tahun 1973-1978. Satu hal yang paling menarik, BJ Habibie adalah satu-satunya orang dari Asia yang pernah menempati posisi tersebut.

Di masa itu, Presiden Soeharto tak tinggal diam saat mengetahui kecerdasan BJ Habibie. Sang presiden pun mengutus Ibnu Sutowo agar meminta BJ Habibie kembali ke Indonesia. Akhirnya, BJ Habibie pun bersedia kembali ke Tanah Air dan rela melepaskan jabatan prestisius tersebut.

Sampai di Indonesia, BJ Habibie diberi tugas untuk mengelola Pertamina. Tiga tahun berselang, ia diminta untuk memimpin PT Industri Pesawat Terbang Negeri, yang saat ini berganti nama jadi PT Dirgantara Indonesia.

READ  Gampang Banget, ini Cara Dark Mode Instagram di Ponsel Android dan iOS!

BJ Habibie juga pernah jadi Menteri Riset dan Teknologi selama dua dasawarsa. Setelah itu, ia naik menjadi Wakil Presiden RI yang ke-7 menggantikan Try Sutrisno. Barulah pada tahun 1998, BJ Habibie menjadi Presiden RI menggantikan Soeharto. Sayang, pria berprestasi ini harus meninggalkan dunia pada 11 September 2019.

Oh ya, bicara BJ Habibie, kurang lengkap rasanya jika tak mengulas kata-kata mutiara BJ Habibie yang sangat bijak dan inspiratif. Maklum, setiap kalimat yang ia lontarkan tak ayal kerap memberi dorongan positif bagi mereka yang mendengarkannya.

Langsung saja, inilah kata-kata mutiara BJ Habibie yang begitu populer di kalangan masyarakat:

Kata-kata mutiara BJ Habibie yang pertama adalah: “Di manapun engkau berada, selalulah menjadi yang terbaik dan berikan yang terbaik dari yang bisa kita berikan.”

READ  Simak, ini Langkah Mudah Mengurus Kartu BPJS Ketenagakerjaan Hilang!

– “Kesempurnaan tidak datang dengan sendirinya. Kesempurnaan harus diupayakan. Kesempurnaan harus dinilai. Proses dan hasil pekerjaan harus diawasi.”

– “Ketika seseorang menghina Anda, itu adalah sebuah pujian bahwa selama ini mereka menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan Anda, bahkan ketika Anda tidak memikirkan mereka.”

Kata-kata mutiara BJ Habibie yang berikutnya adalah: “Kegagalan hanya terjadi bila kita menyerah.”

– “Hiduplah kamu seperti akan mati besok dan berbahagialah seperti kamu akan hidup selamanya.”

– “Jadilah anak muda yang produktif, sehingga menjadi pribadi yang profesional dengan tidak melupakan dua hal, yaitu iman dan takwa.”

– “Pengalaman tidak bisa dipelajari, tapi harus dilalui.”

Ya, itulah kata-kata mutiara BJ Habibie yang sarat makna dan menginspirasi. Dari sederet kalimat di atas, mana yang menurut kamu paling berkesan?

You May Also Like

About the Author: Rizki Antoni