Kisah Inspiratif ini Keren Banget, Seorang Sopir Truk Sukses jadi Miliarder!

Selama ini, banyak kisah inspiratif yang kerap kita lihat di lingkungan sekitar, baik di dunia maya atau di dunia nyata. Pada kesempatan ini, saya akan mengulas tentang salah satu warga Jepang yang berhasil sukses, padahal dirinya hanya seorang pekerja biasa.

Berikut kisah inspiratif dari Masaru Wasami!

Menurut pengakuan Masaru, ia mulai kerja paruh waktu di sebuah toko sayur pada usia 12 tahun. Saat itu, ia ingin membantu sang ibu yang sedang berjuang melawan TBC.

Tiga tahun berselang, Masaru memutuskan untuk berhenti dari sekolah dan lebih memilih terjun ke dunia bisnis. Ia pun mulai menjalankan bisnis truk pada tahun 1970. Dan berkat kegigihannya, ia berhasil mengembangkan bisnis tersebut, bahkan memiliki lebih dari 100 truk yang melayani pengiriman produk logistik berupa obat-obatan ke seluruh toko obat di wilayah Jepang.

Sekedar informasi, ide bisnis truk yang dijalani Masaru berawal saat dirinya mengantar salah seorang temannya yang mau mengambil paket dari sebuah pabrik benang. Ketika itu, ia sadar bahwa terjadi ketidakmampuan pekerja dalam menangani distribusi. Beberapa bulan setelahnya, Masaru mulai mengirimkan produk dengan truk yang ia miliki.

See also  Terapkan Ritual Sederhana ini saat Kesulitan Mengambil Keputusan, Benar-benar Ampuh!

Saat itu, ia mengaku sangat gelisah ketika memikirkan ide tersebut. “Aku bahkan sampai tak bisa tidur,” ujarnya dalam sebuah wawancara.

Kisah inspiratif Masaru tak berhenti sampai disitu. Ia juga mengaku bahwa awalnya melihat sebuah peluang saat salah satu operator parsel terbesar di Jepang tak lagi bekerjasama dengan Amazon demi meringankan beban tenaga kerjanya. Hal itu membuat Amazon beralih ke bisnis pengiriman milik Masaru, mengingat bisnis e-commerce masih berpeluang besar untuk tumbuh.

Beruntung, kemitraan dengan Amazon itu membuat saham perusahaan Masaru meningkat dua kali lipat pada tahun yang sama. Dan sebagai informasi, Masaru yang punya hampir 60% saham perusahaan tersebut berhasil mengantongi kekayaan bersih mencapai 1 miliar dolar AS. Begitu menurut laporan yang dirilis Bloomberg Billionaires Index.

See also  Sederet Nasehat dari Mark Cuban ini Bikin Kamu Cepat Kaya!

Sebagaimana dilansir oleh Bloomberg, Masaru telah menyarankan Amazon untuk melayani pengiriman pada hari yang sama dengan perusahaannya selama bertahun-tahun. “Kami meyakinkan Amazon bahwa Maruwa bisa menangani pekerjaan itu,” jelasnya.

Masaru juga menjelaskan bahwa perusahaan menjanjikan gaji yang kompetitif kepada para pengemudinya. Menurut dia, perusahaan bisa memeroleh 7,2 juta yen per tahun dengan mengirimkan lebih dari 150 paket setiap harinya. 

Di sisi lain, pendapatan Maruwa diketahui naik 15% jadi 85,6 miliar yen untuk tahun fiskal yang berakhir pada 31 Maret. Adapun logistik untuk pengecer makanan tetap jadi bisnis terbesar dan pengiriman e-commerce menyumbang lebih dari sepertiga pendapatan, naik 24% dari 2017.

Kisah inspiratif yang sangat menarik, bukan?

Oh ya, terlepas dari keberhasilan dan kekayaan yang dimiliki Masaru, ia mengaku hampir tidak puas dengan pencapaiannya. Ia mengatakan bahwa penjualan harus beberapa kali lebih besar, mengingat ia menghabiskan hampir setengah abad untuk merintis bisnis tersebut.

See also  Apa Saja Sih Syarat Bayar Pajak Motor? Simak Ulasan Lengkapnya!

“Aku belum melakukan yang terbaik untuk perusahaan,” pungkasnya.

Ya, itulah kisah inspiratif Masaru Wasami yang menarik untuk diperbincangkan. Nilai penting yang bisa dipetik dari kisah tersebut adalah, tak ada yang mustahil di dunia ini. Masaru sudah membuktikan bahwa seorang pekerja biasa dan bukan siapa-siapa seperti dia bisa menjadi miliarder jika memiliki tekad yang kuat.

Lantas, apakah kita harus menjadi pengusaha seperti Masaru dulu untuk bisa meraih sukses dan kebebasan finansial?

Tentu saja, tidak! Kamu tetap bisa meraih sukses dengan cara lain yang juga tak kalah cerdas, salah satunya dengan berinvestasi atau melakukan pengembangan dana di sejumlah instrumen.

Selamat mencoba!