Simak, ini Langkah Mudah Mengurus Kartu BPJS Ketenagakerjaan Hilang!

Kartu BPJS ku hilang! harus gimana nih??

Setiap pekerja di Indonesia wajib terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Ini merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk menyejahterakan tenaga kerja lewat Jaminan Hari Tua (JHT). Nah, untuk permudah administrasi, penyelenggara BPJS Ketenagakerjaan merilis kartu peserta yang punya bentuk layaknya SIM atau KTP yang notabene bisa ditaruh di dalam dompet.

Yang jadi masalah, kartu BPJS Ketenagakerjaan cenderung jarang digunakan, sehingga rentan hilang atau terselip di berbagai tempat. Karena itu, penting bagi pekerja untuk menyimpannya sebaik mungkin agar kartu tersebut bisa aman. Sebab, jika sampai hilang, kamu sebagai peserta wajib membuatnya lagi, karena kartu tersebut jadi syarat mutlak untuk mencairakan saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Lalu, gimana jika ternyata kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

– Pertama, kamu bisa datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk mengurus kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang dengan membawa KTP, Kartu Keluarga, dan fotokopi kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan. Jika tak ada fotokopinya, kamu bisa sebutkan nomor kartu yang hilang tersebut.

READ  Berapa Sih Biaya Tambal Gigi di Indonesia? Cek Harganya di Sini!

– Perlu kamu tahu, petugas BPJS Ketenagakerjaan bakal meminta laporan kehilangan yang diterbitkan pihak Kepolisian. Karena itu, kamu perlu mengurusnya terlebih dulu.

– Agar proses pengurusan kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang berjalan cepat dan mudah, kamu bisa membawa surat pengantar dari HRD tempatmu bekerja.

Adapun jika kartu BPJS Ketenagakerjaan kamu rusak, kamu juga bisa mengurusnya dengan sangat mudah. Caranya:

– Bawa kartu BPJS Ketenagakerjaan yang rusak ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan. Tunjukkan kartu tersebut ke petugas di sana, lalu minta penggantian kartu dengan menyerahkan identitas diri.

– Untuk permudah proses penggantian, kamu juga bisa bawa surat pengantar dari kantor yang dikeluarkan oleh HRD.

READ  Nggak Perlu Gelar Sarjana, ini Sederet Pekerjaan Paling Diminati di Seluruh Dunia!

– Jika  sudah, kamu tinggal antre dan menunggu panggilan. Dalam hal ini, penggantian kartu hanya memakan waktu sebentar.

Bikin kartu digital BPJS Ketenagakerjaan

Selain datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan, kamu bisa gunakan cara online untuk membuat kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang. Caranya tak kalah mudah, yang penting kamu harus ingat nomor peserta yang tertera di kartu BPJS-mu.

Langkahnya sebagai berikut:

– Masuk ke website BPJS Ketenagakerjaan di alamat https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/

– Masukkan sejumlah data yang diperlukan untuk melakukan pendaftaran.

– Jika sudah, masuk dengan Email dan Password yang telah dibuat.

–  Bila sudah masuk, pilih Pengaturan. Tekan menu Tambah KPJ, pilih Segmen sesuai kepesertaan (Penerima Upah, Bukan Penerima Upah, atau Pekerja Migran Indonesia), lalu tekan KIRIM.

– Tunggu sejenak, kemudian tekan menu Kartu Digital. Setelahnya akan muncul Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan beserta rincian datanya.

READ  Mau Tau Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Benar? Simak Ulasannya di Bawah ini!

Oh ya, selain lewat website, Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan juga bisa loh dibuat melalui aplikasi BPJSTKU.

Berikut cara mudahnya:

– Unduh aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yang tersedia di Apps Store atau Play Store. Kamu juga bisa klik tautan berikut ini: https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/mobile

– Jika sudah di-download, isi sejumlah data untuk melakukan proses pendaftaran.

– Masuklah dengan Email dan Password yang sudah kamu buat sebelumnya.

– Pada Halaman Utama, pilih Profil, lalu pilih Pengaturan, Tambah KPJ, pilih Segmen, masukkan nomor KPJ, kemudian tekan KIRIM. Proses telah selesai.

– Setelahnya, pilih menu Kartu Digital di Halaman Utama. Data lengkap terkait kartu pun akan muncul di layar ponselmu.

Ya, itulah cara mengurus kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang dengan sejumlah metode. Mudah dan simpel kan?

You May Also Like

About the Author: Rizki Antoni