Luar Biasa Banget, Sederet Nasihat Karier dan Keuangan dari Sosok Ayah ini Sangat Mengagumkan!

Seorang ayah sudah pasti mau yang terbaik bagi anak-anaknya, mau dalam hal pendidikan, pasangan, bahkan finansial. Nah, dalam kesempatan ini, sejumlah staf di CNBC membagikan kisah menarik dan inspiratif terkait sosok ayah yang mereka banggakan.

Para staf tersebut membagikan sejumlah nasihat yang dilontarkan oleh ayah mereka terkait kesuksesan, termasuk di dalamnya tentang nasihat karier dan keuangan.

Mau tau apa saja nasihat yang diberikan? Simak ulasan berikut sampai tuntas!

Bedakan antara keinginan dan kebutuhan

Nasihat karier dan keuangan yang pertama datang dari Kathleen Elkins.

Reporter keuangan senior ini bercerita tentang masa kecilnya yang pernah dikasih tau perihal perbedaan antara keinginan dan kebutuhan oleh sang ayah. Kata dia, waktu masih kecil, ia pernah memesan susuk cokelat di sebuah rumah makan.

Saat itu, sang ayah berkata bahwa susu cokelat adalah sebuah keinginan. Mengetahui hal itu, Elkins segera mengganti pesanannya dengan air es saja.

See also  Punya Pemandangan Eksotis, 5 Negara ini Wajib Kamu Sambangi saat Masa Pensiun!

Seiring bertambahnya usia, Elkins mulai belajar bagaimana memisahkan potensi pembelian yang besar ke dalam dua kategori itu. Ia juga menerapkan gaya hidup hemat seperti yang dilakukan sang ayah, di mana selalu mengedepankan kebutuhan daripada keinginan.

Diungkapkannya, selalu ada waktu dan tempat untuk minum susu cokelat. Elkins hanya memastikan selalu melakukan pertimbangan sebelum mengeluarkan uang dan senantiasa melakukan pembelanjaan untuk barang yang memang benar-benar penting.

Temukan dan jalani karier yang menarik

Nasihat karier dan keuangan yang kedua datang dari Megan Leonhardt.

Ia bercerita bahwa ayahnya sangat praktis tentang pendekatannya terhadap kehidupan, terutama dalam hal menemukan dan membangun karier yang sukses.

Kata Leonhardt, sang ayah selalu mengatakan bahwa ia harus menemukan karier yang dianggap menarik, sebab ia akan menghabiskan sisa hidup dengan melakukannya. Setelah menjalani karier tersebut, sang ayah juga menyarankan untuk selalu mempelajari hal-hal yang baru, apapun itu, agar dirinya tidak pernah diam di tempat alias stagnan.

See also  Jangan Pernah Lakukan 5 Kesalahan ini saat Work from Home!

Dijelaskan Leonhardt lagi, sang ayah juga selalu mendorong anak-anaknya untuk memilih jurusan di universitas dan karier yang menarik, serta bisa menghasilkan cukup uang untuk makan dan hidup dengan nyaman.

“Kalau kamu punya passion yang tidak membayar, itu disebut hobi. Ayah mau kami bisa berdiri sendiri. Dan berkat pelajaran itu, saya melakukannya,” ungkap Leonhardt.

Dikit bicara, banyak mendengar

Nasihat karier dan keuangan yang berikutnya datang dari Anna Hecht.

Reporter keuangan ini mengatakan bahwa ayahnya mengajari dirinya untuk sedikit bicara dan banyak mendengar. Bisa dibilang kayak lirik lagu “You Say Nothing At All” milik Alison Krauss. Hal itu ia dapat saat berusia 3 tahun dan ia masih ingat jelas semua liriknya, sebab lagu itu sangat berarti bagi dirinya.

Dikatakan Hecht, satu baris dalam lagu itu menjelaskan, “Kamu mengatakan yang terbaik ketika kamu tidak mengatakan apa-apa.” Ya, kata-kata itu selalu mengingatkannya pada kekuatan mendengar dan dampak dari tindakan seseorang atas kata-kata yang mereka lontarkan.

See also  Apa Saja Sih Tips Negosiasi yang Baik? Simak Penjelasannya di Bawah ini!

Passion penting, tapi gaji juga penting

Nasihat karier dan keuangan yang terakhir datang dari Lindsey Stanberry.

Wakil redaktur pelaksana ini mengatakan bahwa sang ayah selalu berkata bahwa alasan seseorang dibayar untuk bekerja adalah karena pekerjaan itu sendiri. Menurutnya, ayahnya selalu bersemangat tentang karier dan ia memperoleh banyak dorongan dari sosok tersebut.

“Saat pekerjaan menjadi sulit karena berbagai alasan, misalnya karena proyek yang tak berjalan sesuai rencana, politik kantor yang ribet, atau terlalu sering lembur, saya selalu mengingatkan diri sendiri: Inilah sebabnya saya mendapatkan gaji,” pungkas Stanberry, seperti dilansir CNBC.

Ya, itulah sederet nasihat karier dan keuangan yang disampaikan oleh ayah dari beberapa staf di CNBC. Sebagai orang bijak, sudah sepantasnya jika kita mengambil nilai-nilai positif yang sudah disampaikan.