Mau Tau Cara Menggunakan WhatsApp Web dengan Mudah? Cek Ulasannya di Bawah ini!

Membuka WhatsApp di ponsel sambil mengerjakan sesuatu di laptop atau komputer tentu sangat memecah konsentrasi. Bahkan, sebagian orang malah tergoda untuk membuka media sosial di ponsel, yang pada akhirnya bikin pekerjaan jadi terbengkalai.

Lantas, adakah cara tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut? Tentu saja, ada! Caranya adalah dengan menggunakan layanan WhatsApp Web yang bisa dibuka di laptop atau desktop.

Dengan langkah tersebut, kamu sebagai pengguna bisa lebih fokus dalam bekerja, sebab layanan WhatsApp bisa diakses hanya dalam satu perangkat. Menariknya lagi, kamu tak perlu men-download file atau meng-install apapun di PC atau laptop, melainkan hanya perlu buka browser yang tersedia.

Yang jadi pertanyaan, bagaimana cara menggunakan WhatsApp Web dengan cepat dan mudah? Berikut ulasannya, seperti dilansir dari Kompas.com.

Cara menggunakan WhatsApp Web yang pertama adalah dengan membuka browser di PC atau laptop di alamat https://web.whatsapp.com.

See also  Kisah Inspiratif tentang Ayah yang Rela Berjuang Buat Anaknya, Salut Banget!

– Bakal muncul sebuah halaman berlatar belakang warna putih dengan deskripsi cara menghubungkan WhatsApp di ponsel dengan WhatsApp di komputer.

– Setelah itu, buka halaman utama aplikasi WhatsApp di handphone kamu.

– Jika kamu pengguna Android, buka menu “Setting” yang terdapat di ujung kanan atas halaman. Kemudian pilih WhatsApp Web.

– Bila kamu pengguna iPhone, klik menu “Setting” yang terdapat di pojok kanan bawah halaman. Kemudian pilih WhatsApp Web/Desktop.

– Di saat bersamaan, WhatsApp di HP kamu akan mengaktifkan kamera pemindai QR Code. Jika sudah muncul, arahkan kamera ponsel ke arah barcode yang tersedia di layar PC atau laptop.

– Dalam hitungan detik, WhatsApp pun akan langsung terhubung dengan WhatsApp Web di PC atau laptop.

See also  Sederet Nasehat dari Mark Cuban ini Bikin Kamu Cepat Kaya!

Terkait cara menggunakan WhatsApp Web ini, kamu tak perlu lagi melakukan pendaftaran saat akan menggunakannya. Alasannya, WhatsApp Web hanya perpanjangan dari fitur di HP saja.

Adapun demi keamanan data, cobalah untuk selalu Keluar dari WhatsApp Web tiap kali selesai menggunakannya. Apalagi jika komputer yang kamu gunakan bukan punya pribadi.

Cara untuk Logout pun sangat mudah. Pilih “Titik Tiga Vertikal” yang terdapat di kiri atas layar. Setelah itu, pilih opsi Logout. Cara yang sama juga bisa kamu pakai jika ingin Logout melalui ponsel.

Ya, itulah cara menggunakan WhatsApp Web dengan cepat dan mudah. Nggak ribet kan?

Kelebihan dan kekurangan WhatsApp Web

Meski cara menggunakan WhatsApp Web terbilang sangat mudah, namun perlu diketahui bahwa layanan tersebut punya kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Kelebihannya: Bisa mengurangi potensi typo saat berkirim pesan, karena menggunakan keyboard, tak perlu aplikasi karena hanya butuh browser, bisa mengirim dan menerima pesan (teks, gambar, video, dokumen, dan kontak) secara normal, serta bisa melakukan Logout dari jarak jauh.

See also  Mau Tahu Cara Daftar Kartu Prakerja Online? Simak Jawabannya di Sini!

Sedangkan kekurangannya: Ponsel utama harus selalu terhubung dengan internet, tak bisa melakukan penggilan suara atau video, tak bisa bikin status, serta tak bisa kirim lokasi.

Kebijakan baru WhatsApp

Kebijakan baru yang diterapkan WhatsApp menuai polemik. Yang jadi sorotan adalah terkait pembagian data ke perusahaan induk, yakni Facebook. Banyak pihak yang menilai bahwa kebijakan tersebut tidak wajar.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerald Plate pun mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan selalu membaca ketentuan privasi sebelum menyetujuinya. Johnny memerintahkan agar perusahaan meningkatkan kepatuhan terhadap hukum dan undang-undang tentang perlindungan data pribadi di Indonesia.