Mau Tau Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Benar? Simak Ulasannya di Bawah ini!

Seperti yang kita tahu, Surat Pengalaman Kerja adalah sebuah dokumen yang diberikan oleh perusahaan kepada pekerja yang sudah resmi berhenti dari sebuah pekerjaan. Biasanya, surat ini disematkan bersamaan dengan Surat Lamaran Kerja saat ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Dan pada umumnya, Surat Pengalaman Kerja kerap dijadikan pertimbangan dalam proses perekrutan pegawai.

Langsung saja, berikut saya jabarkan fungsi Surat Pengalaman Kerja, seperti dikutip dari sejumlah sumber:

Untuk lamar pekerjaan

Fungsi utama dari Surat Pengalaman Kerja adalah sebagai bukti saat akan melamar kerja di tempat baru. Perekrut akan melihat apakah pengalaman kerja yang ditulis di CV memang sesuai atau tidak. Tak hanya itu, surat ini juga bisa menjelaskan terkait kinerja kamu saat bekerja di kantor sebelumnya.

Untuk cairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan

Salah satu syarat untuk mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan adalah Surat Pengalaman Kerja. Oleh sebab itu, mintalah pada perusahaan setelah memutuskan resign.

See also  Sederet Nasehat dari Mark Cuban ini Bikin Kamu Cepat Kaya!

Daftar beasiswa

Fungsi Surat Pengalaman Kerja yang berikutnya adalah sebagai syarat untuk mendaftar program beasiswa. Karena itu, pastikan Surat Pengalaman kerja kamu tersimpan dengan baik jika ingin mengikuti program pendidikan tersebut.

Yang jadi pertanyaan, seperti apa sih contoh Surat Pengalaman Kerja yang baik dan benar? Simak ulasannya berikut ini!

Kop Surat

Contoh Surat Pengalaman Kerja yang baik dan benar yang pertama adalah harus ada Kop Suratnya. Kop ini berfungsi sebagai identitas perusahaan yang menerbitkan, sehingga terlihat lebih formal dan terpercaya. Isi dari Kop Surat ini meliputi Nama Perusahaan, Alamat Kantor, Nomor Telepon Perushaan, hingga Alamat Email.

Nama dan NIK

Surat Pengalaman Kerja harus tercantum Nama Karyawan dan Nomor Induk Karyawan (NIK) sebagai bentuk identitas resmi yang diterbitkan oleh perusahaan.

See also  Cek Nih, Cara Pesan Tiket Kereta Api dengan Langkah yang Sangat Mudah!

Jabatan dan Periode Kerja

Keterangan terkait Periode Kerja juga wajib ada di Surat Pengalaman Kerja. Tak lupa, cantumkan juga posisi atau jabatan sebagai informasi. Itulah contoh Surat Pengalaman Kerja yang benar berikutnya.

Deskripsi karyawan

Perusahaan pembuat Surat Pengalaman Kerja wajib menulis deskripsi singkat tentang kinerja pegawai yang bersangkutan. Penjelasan ini bisa dipakai untuk memverifikasi bahwa karyawan tersebut memang punya keterampilan atau pengalaman yang sesuai dengan yang ditulis di Surat Lamaran Kerja.

Jangan lupa juga untuk mencantumkan alasan karyawan resign atas keputusan sendiri. Sebagai pemberi kerja, akan lebih bijak jika perusahaan menuliskan harapan yang terbaik bagi karyawan di masa depan.

Oh ya, jika karyawan ternyata di PHK, perusahaan wajib menjelaskan secara detail latar belakangnya. Contoh, jika karena perusahaan bangkrut atau masalah keuangan, perusahaan harus mencantumkan keterangan yang sesungguhnya dan menyebutkan bukan karena kinerja pegawai tersebut. Ini penting agar pegawai yang bersangkutan punya reputasi baik.

See also  Tingkatkan Penghasilan dengan Danain pada Bulan Inklusi Keuangan!

Tanda tangan

Contoh Surat Pengalaman Kerja yang benar selanjutnya adalah harus ada tanda tangan sejumlah orang yang berwenang di perusahaan, semisal HRD atau pimpinan perusahaan. Hal ini penting untuk menjamin keabsahannya. Lengkapi juga dengan stempel resmi perusahaan sebagai bukti persetujuan.

Secara garis besar, contoh Surat Pengalaman Kerja yang benar sejatinya harus dibuat dengan bahasa yang formal dan gampang dimengerti. Jangan pernah membuat Surat Pengalaman Kerja dengan kalimat yang kurang menarik dan bertele-tele. Kenapa demikian? Hal ini penting untuk meminimalisir penafsiran yang tidak tepat oleh perusahaan berikutnya.