Perhatikan Baik-baik, Begini Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan Mudah!

Semua pekerja di Indonesia wajib terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Tujuannya tak lain untuk memberikan perlindungan maksimal kepada para tenaga kerja di berbagai bidang.

Ada sejumlah manfaat yang bisa didapat para pekerja dengan menjadi peserta dalam program ini. Di antaranya meliputi: Jaminan Kecelakaan Kerja yang akan memberi manfaat berupa perlindungan atas risiko kecelakaan, Jaminan Kematian yang memberi manfaat berupa uang tunai kepada ahli waris jika peserta meninggal, Jaminan Pensiun yang bertujuan untuk pertahankan derajat kehidupan layak bagi peserta atau ahli waris, serta Jaminan Hari Tua (JHT) yang berikan manfaat berupa uang tunai, di mana jumlahnya diakumulasi dari iuran tiap bulan ditambah hasil pengembangannya.

Nah, terkait JHT, ada info penting yang perlu kamu tahu. Dalam hal ini, JHT akan dibayarkan oleh pihak perusahaan sebesar 5,7 persen dari upah yang diterima pekerja. Rinciannya sebagai berikut: 3,7 persen ditanggung perusahaan dan 2 persen ditanggung oleh tenaga kerja.

READ  Simak, ini Langkah Mudah Mengurus Kartu BPJS Ketenagakerjaan Hilang!

Saldo JHT pun dapat diambil sebesar 10 persen, 30 persen, hingga 100 persen tanpa harus menunggu usia kepesertaan selama 10 tahun atau peserta berusia 56 tahun. Begitu kata Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2015 yang telah berlaku sejak 1 September 2015 lalu.

Pertanyaannya, bagaimana cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah? Berikut uraian lengkapnya, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber!

Lewat SMS

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang pertama adalah melalui SMS. Di sini, kamu cukup lakukan pendaftaran dengan cara mengetik: Daftar(spasi)SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL(bila ada). Bila sudah, kirim ke nomor 2757.

Setelah berhasil mendaftar, kirimlah pesan dengan format SALDO (spasi) NOMOR PESERTA, kemudian kirim ke 2757. Tunggu beberapa saat, kamu bakal dapat balasan berisi saldo JHT secara lengkap.

READ  Cara Bedakan Emas Asli dan Emas Palsu, Biar Nggak Kena Tipu!

Via website

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang kedua adalah melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Pertama-tama, lakukan registrasi dengan langkah: Masuk ke halaman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ , pilih menu Registrasi, isi formulir sesuai data (Nomor KPJ aktif, Nama, Tanggal Lahir, Nomor e-KTP, Nama Ibu Kandung, Nomor Ponsel, dan Email). Jika sudah, kamu bakal dapat PIN yang dikirim via SMS atau email.

Langkah berikutnya, masuk lagi ke halaman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ , masukkan Email, kemudian Kata Sandi. Pilih menu Layanan, tekan Cek Saldo JHT, lalu masukkan PIN yang dikirim tadi. Saldo JHT pun akan muncul .

Melalui aplikasi

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang berikutnya adalah melalui aplikasi BPJSTKU Mobile yang tersedia di Android, iOS, atau BlackBerry. Di sini, kamu perlu mengunduh aplikasi tersebut, lalu lakukan registrasi untuk dapatkan PIN.

READ  Cara Membuat Email itu Gampang Banget, ini Langkahnya!

Saat registrasi, kamu cukup masukkan Nomor KPJ, NIK e-KTP, Tanggal Lahir, dan Nama. Jika sudah terdaftar dan Login, kamu bisa lihat saldo JHT di menu Lihat Saldo.

Pakai ATM

Untuk melihat saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan, kamu bisa gunakan ATM BNI (khusus nasabah BNI) yang tersedia di sejumlah tempat. Kamu cukup masukkan kartu ATM, lalu pilih menu cek saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang terakhir adalah dengan datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Syaratnya, kamu harus bawa Kartu Peserta, KTP, dan Kartu Keluarga. Ikuti langkah sesuai prosedur yang telah ditentukan oleh petugas di sana.

Mudah sekali, bukan? Yuk, segera cek saldo JHT kamu dengan salah satu cara di atas!

You May Also Like

About the Author: Rizki Antoni