Perhatikan Baik-baik, Warren Buffett Ungkap Kesalahan Orang Tua dalam Mendidik Anaknya!

Di zaman modern seperti saat ini, masih banyak orang tua yang salah mendidik anaknya, terutama dalam hal keuangan. Padahal, cara mendidik orang tua punya pengaruh yang besar terhadap cara pandang anak pada pengelolaan finansial.

Terkait hal itu, miliarder ternama Warren Buffett membagikan kisah inspiratifnya dalam hal pendidikan anak. Menurut dia, sangat penting untuk memberikan pelajaran pada anak tentang keuangan sejak dini.

Warren Buffett sendiri diketahui telah memulai sejumlah usaha kecil sejak masih berusia 6 tahun. Ia pernah menjual majalah hingga permen karet dari pintu ke pintu.

Menurut dia, sang ayah adalah inspirasi terbesarnya. Apa yang ia pelajari sejak kecil adalah kebiasaan yang tepat. ”Tabungan adalah pelajaran penting yang dia ajarkan kepada saya,” ungkapnya dalam sebuah wawancara.

Saat ditanya tentang kesalahan terbesar yang kerap dilakukan orang tua ketika mendidik anaknya tentang finansial, investor kawakan ini mengatakan bahwa kesalahan terbesar terletak pada waktu mendidiknya. “Untuk berbicara tentang pengelolaan finansial, terkadang orang tua menunggu sampai anak-anaknya beranjak remaja. Padahal, mereka bisa memulainya jauh sebelum itu,” ujarnya.

See also  Berapa Sih Biaya Tambal Gigi di Indonesia? Cek Harganya di Sini!

Terkait temuan tersebut, peneliti mencatat bahwa 80 persen dari pertumbuhan otak manusia terjadi pada usia 3 tahun. Anak-anak sudah bisa memahami konsep dasar uang antara usia 3-4 tahun. Sementara pada usia 7 tahun, konsep dasar yang berkaitan dengan perilaku finansial masa depan biasanya sudah berkembang. Begitu kata penelitian yang dilakukan di Cambridge University.

Dijelaskan Warren Buffett, banyak orang tua sudah tahu betapa pentingnya mengajarkan anak tentang cara mengelola finansial. Namun, sayangnya, ada perbedaan antara mengetahui dan mengambil tindakan.

Pada tahun 2018 lalu, T. Rowe Price melakukan survei terhadap 1.014 orang tua serta lebih dari 1000 orang dewasa muda. Fakta yang ditemukan, hanya 4 persen orang tua yang mengaku bahwa mereka mulai berdiskusi tentang keuangan dengan anak-anaknya sebelum usia 5 tahun.

Nggak cuma itu, 30 persen orang tua juga mengaku mulai mendidik anak-anaknya tentang uang pada usia 15 tahun atau lebih. Sementara 14 persen sisanya mengaku bahwa mereka tak pernah melakukannya sama sekali.

See also  Mau Wawancara Kerja? Perhatikan Poin Penting ini!

PENGALAMAN BUFFETT MENDIDIK ANAKNYA

Pada tahun 2011 silam, Warren Buffett meluncurkan serial animasi anak berjudul  “Secret Millionaire’s Club” yang menampilkan dirinya sebagai mentor bagi sekelompok murid. Dalam serial tersebut, ada 26 episode yang dipublikasikan. Masing-masing episode membahas tentang pelajaran keuangan, seperti bagaimana kartu kredit bekerja hingga pentingnya melacak penyimpanan uang.

“Saya mendidik semua anak saya dengan pelajaran yang diajarkan dalam “Secret Millionaire’s Club.” Meski sederhana, namun pelajaran itu sangat berguna seumur hidup, terutama untuk bisnis,” terangnya.

Menurut Warren Buffett, ada beberapa cara cerdas yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak tentang keuangan. Di antaranya adalah, ajarkan anak bagaimana menjadi pemikir yang fleksibel, bagaimana cara mulai menabung, bagaimana cara bedakan antara harga dan nilai, serta bagaimana cara membuat keputusan yang baik.

See also  Yuk, Kenalan dengan Melanie Perkins Sang Miliarder Muda dari Australia!

TAK PERNAH TERLALU DINI

Perlu dipahami, mendidik anak tentang keuangan adalah hal penting yang harus dilakukan oleh para orang tua. Hal ini bisa membantu kamu untuk memastikan agar anak bisa meraih sukses di masa yang akan datang.

Ditambahkan Warren Buffett, tidak pernah terlalu dini untuk mengajarkan anak tentang keuangan,  baik itu tentang nilai dolar, perbedaan antara kebutuhan dan keinginan, atau tentang tabungan. “Ini semua adalah konsep yang dihadapi anak-anak di usia dini, sehingga hal terbaik yang bisa dilakukan adalah membantu mereka untuk memahaminya,” pungkasnya.

Akhir kata, bagi kamu yang saat ini punya anak yang masih kecil atau yang sebentar lagi memiliki momongan, tips yang diberikan Buffett tadi sangat penting untuk diimplementasikan dalam kehidupan nyata. Dengan mendidik anak tentang finansial sejak masih kecil, bukan tak mungkin jika anak kamu akan meraih sukses ketika dewasa nanti.

Selamat mencoba!