Simak Hingga Tuntas, ini Nasihat Jeff Bezos Buat Kalian yang Mau Mulai Bisnis!

Menjadi seorang pebisnis sukses adalah impian banyak orang. Tapi sayang, tak semua orang bisa mencapai titik tersebut karena berbagai sebab.

Dalam kesempatan ini, saya ingin mengulas tentang dunia bisnis banyak dibicarkan oleh khalayak ramai. Satu hal yang mau saya tanyakan: Apakah kamu berencana untuk memulai sebuah bisnis dalam waktu dekat ini?

Jika ya, penting bagi kamu untuk mendengar sebuah pesan yang disampaikan oleh orang terkaya di dunia, yakni Jeff Bezos!

Diungkapkan Jeff Bezos, ada satu poin penting yang perlu dipahami oleh semua orang yang ingin memulai sebuah bisnis. Kata dia, bersiaplah untuk mengambil resiko besar dan gagal dalam berbisnis.

Wejangan ini disampaikan olehnya dalam sebuah konferensi bergengsi yang dihelat di Las Vegas beberapa waktu lalu. Saat itu, ada peserta yang bertanya tentang saran apa yang bisa diberikan pada orang-orang yang mau memulai sebuah bisnis.

See also  Terapkan Ritual Sederhana ini saat Kesulitan Mengambil Keputusan, Benar-benar Ampuh!

“Ambil resiko. Kamu harus mau ambil resiko. Kalau kamu punya ide bisnis tanpa resiko, itu mungkin sudah dilakukan. Tapi, kamu harus punya sesuatu yang mungkin tidak berhasil. Dalam banyak kasus, ini akan jadi sebuah eksperimen,” ujar dia.

Jeff Bezos menambahkan, banyak dari eksperimen itu yang mungkin saja akan gagal. Tapi, lanjutnya, kegagalan besar adalah bagian penting dari perjalanan menuju sukses. Begitu kata dia, seperti dikutip dari laman Entrepreneur.com.

 “Kami mengambil resiko setiap saat. Kami juga selalu berbicara tentang kegagalan. Kita perlu kegagalan besar untuk menggerakan jarum. Jika tidak, kita tak akan cukup berayun. Kamu harus benar-benar berayun keras dan gagal. Tapi itu tidak apa-apa,” tegasnya.

Pesan lain dan sejarah Amazon

Sekedar informasi, Jeff Bezos mendirikan Amazon pada tahun 1995. Ketika itu, karyawannya hanya berjumlah 10 orang. Meski begitu, ia mampu membuktikan dan mengubah Amazon jadi salah satu perusahaan publik yang paling besar di dunia. Bahkan, saat ini, nilainya telah mencapai ratusan miliar dolar AS.

See also  Cek Nih, Cara Pesan Tiket Kereta Api dengan Langkah yang Sangat Mudah!

Lebih lanjut, orang terkaya di dunia ini juga menjelaskan bahwa selain berani ambil resiko dan gagal, pengusaha pemula juga wajib memiliki semangat yang luar biasa dalam berbisnis. Kata dia, itu merupakan senjata yang ampuh untuk melakukan persaingan.

“Dalam hal ini, kamu akan bersaing dengan mereka yang bersemangat,” pungkasnya.

Sementara itu, Bezos juga berpendapat jika seorang pengusaha harus terobsesi dengan pelanggannya. Maksud terobsesi di sini adalah: pengusaha harus selalu memuaskan dan menyenangkan semua konsumennya.

Fakta menarik tentang Bezos

Bicara Jeff Bezos, kurang lengkap rasanya jika kita tak mengulas sisi lain tentang dirinya. Perlu kamu tahu, Bezos merupakan salah satu pemilik tanah terluas di Negeri Paman Sam. Menurut ulasan Land Report, Bezos berada di posisi 25 sebagai pemilik tanah terluas. Properti terbesarnya ada di Van Horn, Texas, dengan luas lebih dari 12 ribu hektar. Area tersebut ia gunakan sebagai markas perusahaan luar angkasanya, yakni Blue Origin.

See also  Mau Tahu Cara Daftar Kartu Prakerja Online? Simak Jawabannya di Sini!

Fakta menarik lainnya, Bezos dikenal sebagai pribadi yang kompetitif. Ia juga dikabarkan sering meluapkan amarahnya pada bawahannya. Menurut kabar yang beredar, Bezos diketahui menyewa seorang ahli untuk menjaga emosinya tersebut.

Dan yang terakhir, Jeff Bezos diketahui kerap menyantap sejumlah makanan aneh. Beberapa laporan menyebut bahwa pengusaha berkepala plontos ini pernah melahap iguana panggang, kecoa, tarantula, hingga gurita buat menu sarapannya.

Bagaimana, siap memulai bisnis dengan nasihat Bezos di atas?