Tips Meningkatkan Produktivitas Selama WHF, Benar-benar Ampuh!

Work from home alias kerja dari rumah selama masa pandemi jadi tantangan tersendiri bagi banyak karyawan di seluruh dunia. Dalam hal ini, banyak pekerja yang berjuang keras untuk tetap fokus dalam menyelesaikan pekerjaannya, meski kadang terganggu dengan sejumlah hal, seperti mengurus rumah tangga, mengasuh anak, hingga godaan untuk membuka media sosial.

Fakta di lapangan menyebutkan, 32 persen karyawan mengaku bahwa menonton TV adalah gangguan utama saat bekerja dari rumah, sedangkan 27 persen mengaku jika mereka kerap terganggung saat harus bekerja sambil mengurus anak. Ya, itulah hasil survei yang dipublikasikan oleh Glassdoor  terhadap 1.000 karyawan di Negeri Paman Sam.

Menurut pakar pengorganisasian dan produktivitas Julie Morgenstern, semua orang yang bekerja dari rumah sejatinya menghadapi banyak tekanan. Para pekerja jadi mudah terjebak dalam berita, panik, khawatir dengan kerabat yang berusia tua, hingga khawatir dengan diri sendiri dan kerap bertanya-tanya, “Apakah tenggorokan saya gatal atau tidak?”

See also  Mau Tau Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Benar? Simak Ulasannya di Bawah ini!

Intinya, kata Morgenstern, banyak hal emosional yang terjadi dalam kondisi pandemi seperti saat ini. Karena itu, untuk mengatasi banyaknya gangguan saat kerja dari rumah, kamu butuh tips meningkatkan produktivitas yang ampuh dan mudah dijalankan.

Langsung saja, berikut sederet tips meningkatkan produktivitas, sebagaimana dipaparkan oleh Morgenstern dan pakar produktivitas Laura Vanderkam. Simak sampai tuntas!

Lakukan perawatan diri setiap pagi

Saat bekerja di kantor, kamu akan melakukan sederet aktivitas, seperti bagun pagi, meninggalkan rumah, dan pergi ke kantor. Kata Morgenstern, kegiatan itu akan membuat kamu jadi tetap fokus, berenergi, dan terus bergerak.

Bagaimana saat bekerja dari rumah? Apa bisa tetap produktif seperti itu? Tentu saja bisa!

Disarankan Morgenstern, lakukanlah perawatan diri tiap pagi selama satu atau dua jam. Kamu bisa berolahraga, baca jurnal, atau meditasi. Menurut sejumlah penelitian, merawat diri saat pagi hari bisa mencegah stres akibat pekerjaan.

See also  Berapa Sih Biaya Rapid Test di Puskesmas? Simak Jawabannya di Sini!

Hindari multitasking

Tips meningkatkan produktivitas yang berikutnya adalah dengan cara menghindari multitasking.

Seperti yang kita tahu, aktivitas bekerja dari rumah kadang kala terganggu dengan sejumlah hal, seperti TV, cucian baju, hingga piring kotor. Dalam hal ini, kamu disarankan untuk tidak mengerjakannya secara bersamaan. Misal: Bekerja sambil nonton TV atau melipat cucian sambil zoom meeting.

Kenapa begitu?

Studi dari University of Southern California menjelaskan, multitasking sejatinya mengarah pada turunnya produktivitas. Pasalnya, otak memikirkan banyak hal, sehingga membuatnya tidak fokus.

Kelola email dan pesan dengan efektif

Agar pekerjaan tetap terkoordinasi dengan baik selama WFH, penting bagi kamu untuk selalu berkomunikasi dengan rekan kerja melalui email atau aplikasi pertukaran pesan. Dalam hal ini, kamu bisa mengatur waktu untuk memeriksa email atau pesan setiap lima menit atau setengah jam sekali.  Artinya, dalam setengah jam, kamu bisa fokus bekerja selama 25 menit sekaligus menjalin komunikasi yang efektif dengan rekan kerja selama 5 menit. Ya, tentu saja, akan ada pengecualian jika ternyata dalam perjalanannya ada informasi mendadak yang harus disampaikan atau dibahas.

See also  Wajib Tiru, ini Tips Rapat yang Efektif Menurut Jeff Bezos!

Buat jadwal mengasuh anak

Tips meningkatkan produktivitas selama WFH yang terakhir adalah membuat jadwal mengasuh anak sebaik mungkin. Jika anak kamu sudah sekolah, mereka mungkin bisa mengatur dirinya sendiri. Namun, jika masih balita, kamu butuh bantuan orang lain untuk mengasuhnya.

Kamu mungkin bisa memandikan atau menyiapkan sarapan untuk anak di pagi hari, kemudian lanjut bekerja. Selain itu, kamu juga bisa mengawasi aktivitas anak dalam satu waktu sembari menyelesaikan pekerjaan. Adapun jika pasanganmu juga bekerja dari rumah, kamu disarankan untuk menerapkan jadwal mengasuh bergantian secara rutin.

Gimana, siap menerapkan tips meningkatkan produktivitas di atas?