Waspadalah, ada Sejumlah Pengeluaran Tidak Terduga yang Menguras Tabungan Kamu!

Topik tentang keuangan selalu menarik untuk diperbincangkan. Pada kesempatan ini, saya akan mengulas tentang sederet pengeluaran tidak terduga yang menguras tabungan kamu.

Perlu diketahui, cara sederhana untuk meningkatkan tabungan dan membangun lebih banyak kekayaan adalah dengan menekan pengeluaran. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengecek pengeluaran-pengeluaran apa saja yang berpotensi besar menguras isi tabungan.

Langsung saja, berikut sederet pengeluaran tidak terduga yang menguras tabungan kamu. Simak sampai tuntas!

Pengeluaran untuk biaya ATM

Pertama, pengeluaran tidak terduga yang menguras tabungan adalah biaya untuk ATM. Seperti yang diketahui, kamu akan dikenakan sejumlah biaya saat menarik uang di luar jaringan ATM yang kamu gunakan.

Catat baik-baik, tak ada alasan untuk mengeluarkan biaya tersebut secara terus menerus, sebab isi tabungan kamu akan terus terkuras dengan perlahan! Solusi terbaik, gunakanlah ATM yang sesuai dengan bank tempatmu menyimpan uang ketika melakukan tarik tunai.

See also  Wajib Tiru, ini Tips Rapat yang Efektif Menurut Jeff Bezos!

Pengeluaran untuk biaya keterlambatan

Tak beda jauh dengan ATM tadi, biaya keterlambatan juga termasuk ‘penghisap’ uang yang tidak terduga. Karena itu, aturlah pembayaran otomatis secara online untuk tagihan tetap, seperti internet atau asuransi. Sementara untuk tagihan yang tidak bisa dibayar secara online, seperti biaya kost, kamu bisa atur pengingat di kalender ponsel agar waktu pembayaran bisa selalu tepat waktu. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari yang namanya biaya keterlambatan.

Pengeluaran untuk air botol

Pengeluaran tidak terduga yang menguras tabungan berikutnya adalah pengeluaran untuk membeli air botol. Seorang kolumnis untuk Yahoo bernama David Pogue menyarankan, setiap kamu membawa bekal untuk makan siang, biasakan juga untuk mengisi air botol dari rumah.

“Banyak orang beli air kemasan dengan alasan kenyamanan. Padahal, kalau kamu bawa air sendiri dari rumah, kamu tak perlu mengeluarkan uang, sehingga pengeluaranmu bisa ditekan,” jelasnya.

See also  Tips Meningkatkan Produktivitas Selama WHF, Benar-benar Ampuh!

Pengeluaran keanggotaan gym yang tak digunakan

Apakah kamu ikut keanggotaan gym, padahal jarang sekali digunakan? Jika ya, itu berarti kamu mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak berguna. Pengeluaran kamu sangat sia-sia!

Kalau memang kamu jarang berolahraga, sudah waktunya untuk hentikan keanggotaaan tersebut. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan jika sewaktu-waktu kamu pengen olahraga. Kamu bisa latihan di rumah dengan memanfaatkan YouTube, berjalan di taman, bersepeda mengitari komplek rumah, atau bergabung dengan klub lari yang ada di sekitarmu.

Pengeluaran untuk beli kopi di pagi hari

Sama halnya dengan makan siang di luar, membeli kopi di pagi hari juga bisa menguras uang tabunganmu kalau dilakukan setiap hari. Nah, alih-alih membeli kopi di kedai setiap pagi, ada baiknya jika kamu buat kopi sendiri di rumah untuk menekan pengeluaran.

See also  5 Fakta Menarik Warren Buffett, Orang Superkaya Berjulukan Oracle of Omaha!

Pengeluaran untuk TV kabel

Seperti yang diketahui, berlangganan TV kabel tidaklah murah. Kalau di Amerika, kata Pogue, rata-rata tagihannya bisa mencapai 100 dolar AS. Ya, itu jumlah yang cukup besar sebenarnya kalau kamu jarang menggunakan fasilitas tersebut saat berada di rumah. Karena itu, pertimbangkan lagi untuk menghentikan layanan tersebut dan carilah layanan yang lebih murah, seperti Netflix atau yang lainnya.

Pengeluaran untuk pembelian impulsif

Pengeluaran tidak terduga yang menguras tabungan selanjutnya adalah pengeluaran untuk pembelian yang sifatnya impulsif.

Saat berada di toko kelontong atau supermarket, si penjual biasanya punya cara tertentu untuk ‘menipu’ kamu agar menghabiskan uang tanpa berpikir panjang. Contoh, mereka menaruh produk-produk menggoda, seperti soda dingin, permen, atau aksesoris menarik di sekitar pintu keluar. Nah, agar tabungan kamu tidak terkuras, sebaiknya kendalikan diri kamu agar bisa terhindar dari pembelian seperti itu.