Bagaimana Sih Cara Cek Tagihan Listrik? Ini Langkah Mudahnya!

Ini dia cara cek tagihan listrik!

Seperti yang kita tahu, hampir semua alat penggerak kehidupan saat ini membutuhkan listrik sebagai daya utamanya. Karena itu, tak heran jika listrik jadi kebutuhan primer bagi umat manusia.

Di negara kita, penyedia aliran listrik yang utama adalah Perusahaan Listrik Negara alias PLN. Sebagai pihak penyedia, PLN menerapkan dua metode dalam hal pembayarannya, yakni pascabayar dan prabayar. Masing-masing metode pun diklaim punya kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Contoh listrik prabayar. Kelebihan metode pembayaran ini adalah tak ada denda atau sanksi jika pelanggan telat bayar, bisa prediksi target pemakaian setiap bulan, minim kesalahan pencatatan oleh petugas PLN, dan akses pembelian token listrik yang sangat luas. Sedangkan kekurangannya adalah pulsa bisa habis di waktu tak terduga, sehingga harus sediakan voucher pulsa cadangan dan perlu waktu tunggu cukup lama bila terjadi gangguan saat melakukan pembelian pulsa listrik secara online.

READ  Mau Tau Cara Menggunakan WhatsApp Web dengan Mudah? Cek Ulasannya di Bawah ini!

Sementara itu, untuk listrik pascabayar, kelebihannya meliputi: listrik selalu tersedia selama pembayaran rutin dilakukan serta tak perlu repot mengisi token listrik secara mandiri. Adapun kekurangannya adalah pemakaian bisa tidak terkontrol, ada denda jika telat bayar, dan ada resiko kesalahan pencatatan meteran oleh petugas PLN.

Pertanyaannya, bagaimana cara cek tagihan listrik?

Zaman makin berkembang, cara cek tagihan listrik pun saat ini sudah sangat mudah. Kamu sebagai pelanggan tak perlu lagi repot-repot datang ke kantor PLN untuk melakukan pengecekan. Sekarang, ada sejumlah cara yang bisa kamu pilih untuk mengecek tagihan listrik, di antaranya:

Via SMS

Cara cek tagihan listrik yang pertama adalah lewat SMS. Formatnya sebagai berikut: REK (spasi) NO ID Pelanggan, kirim ke 8123.

Selain itu, kamu juga bisa aktifkan SMS berlangganan dengan cara kirim SMS dengan format: PLN (spasi) ON (spasi) ID Pelanggan, kirim ke 8123. Jika mau berhenti berlangganan, cukup ketik PLN (spasi) OFF (spasi) ID Pelanggan, kirim ke 8123.

READ  Awas, Sederet Hal ini Bisa jadi Penghalang Kesuksesan!

Lewat telepon

Cek tagihan listrik juga bisa dilakukan melalui telepon. Kamu cukup hubungi call center PLN di nomor 123 dengan cantumkan kode area. Contoh, rumah kamu di Jakarta, maka formatnya 021123.

Pastikan pulsa kamu cukup agar komunikasi tak terputus di tengah jalan. Dalam hal ini, biaya per panggilan bakal dibebankan pada kamu selaku konsumen.

Melalui website

Cara cek tagihan listrik yang berikutnya adalah melalui website PLN. Caranya: kunjungi  https://layanan.pln.co.id/ , klik menu Informasi, pilih Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token, lalu Login dengan mengisi Email, Password, dan Captcha.

Oh ya, apabila kamu baru pertama kali mengakses layanan ini, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dulu. Langkahnya: Klik menu Daftar, isi Email, Nama Lengkap, Nomor Ponsel, dan Password. Jika sudah, kamu tinggal ikuti langkah yang sudah disebutkan di atas.

READ  Cara Membuat KTP itu mudah, ini Syarat dan Prosedurnya!

Pakai aplikasi PLN

Yang terakhir adalah menggunakan aplikasi PLN Mobile yang tersedia di AppStore atau Play Store. Jika sudah mengunduh aplikasi tersebut, kamu tinggal pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik. Setelahnya, masukkan nomor meteran (pelanggan pascabayar) atau ID Pelanggan (pelanggan prabayar), kemudian klik Cari. Tagihan listrik pun akan muncul di layar ponsel kamu.

Ya, itulah beberapa cara cek tagihan listrik yang bisa kamu pilih. Intinya, pilihlah cara yang menurut kamu paling mudah.

PLN rilis aplikasi versi terbaru

Belum lama ini, PLN meluncurkan aplikasi versi terbaru bertajuk New PLN Mobile. Pada aplikasi tersebut, ada sejumlah fitur anyar yang bisa dinikmati oleh para konsumen, seperti pembelian token listrik, pembayaran tagihan listrik pascabayar, hingga monitoring pemakaian listrik. Tak lupa, ada juga fitur pengajuan pengubahan daya, pencatatan angka meter, layanan pengaduan, dan notifikasi terkait pemadaman atau gangguan.

You May Also Like

About the Author: Rizki Antoni