Cek Nih, Cara Pesan Tiket Kereta Api dengan Langkah yang Sangat Mudah!

Masyarakat Indonesia gemar sekali menggunakan kereta api. Selain karena mudah dijangkau, moda transportasi tersebut juga tepat waktu, sehingga para penumpang bisa terhindar dari yang namanya keterlambatan.

Di zaman serba canggih seperti saat ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah memberikan kemudahan bagi para konsumen dalam hal pembelian tiket. Kalau dulu masyarakat harus membeli tiket di loket stasiun, sekarang ini, hal kayak gitu sudah tidak berlaku lagi. Sebab, cara pesan tiket kereta api sudah jauh lebih mudah dengan diterapkannya sistem online.

Langsung saja, berikut cara pesan tiket kereta api dengan cepat dan mudah, baik secara offline maupun online, sebagaimana dikutip dari Kompas.com:

Beli tiket secara offline

Cara membeli tiket yang satu ini masih konvensional. Di sini, kamu harus datang langsung ke stasiun kereta terdekat yang melayani penjualan tiket. Sampai di stasiun, kamu bisa langsung menuju loket penjualan dan temui petugas di sana. Sebutkan stasiun keberangkatan kamu, stasiun tujuan, dan jumlah penumpang yang akan berangkat.

See also  Sederet Profesi ini Paling Banyak Dibutuhkan oleh Perusahaan, inilah Skill yang Harus Dimiliki!

Biasanya, petugas loket akan memberikan daftar harga dan jadwal keberangkatan yang masih tersedia. Kamu hanya perlu memilih jadwal yang sesuai keinginan.

Setelah itu, kamu tinggal membayar tiket kereta tersebut kepada petugas jaga. Jika sudah, kamu bakal mendapat kode booking yang bisa kamu cetak di hari keberangkatan.

Beli tiket secara online

Dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini, kamu bisa melakukan pembelian tiket kereta api secara online. Ini tentu bisa menghemat waktu dan tenaga kamu. Dalam hal ini, kamu bisa memilih sejumlah metode pembelian sesuai keinginan, antara lain:

  1. Lewat aplikasi KAI Access

Cara pesan tiket kereta api online yang pertama adalah dengan memanfaatkan aplikasi KAI Access. Pertama-tama, kamu harus mengunduh aplikasi itu di Google Play atau App Store.

See also  Sederet Nasehat dari Mark Cuban ini Bikin Kamu Cepat Kaya!

Kalau sudah, buat akun dan daftarkan diri kamu di aplikasi KAI Access. Gunakan nomor ponsel yang masih aktif saat melakukan pendaftaran. Tak lupa, siapkan e-KTP sebagai syarat utama.

Oh ya, perlu kamu tahu juga, aplikasi ini tak cuma melayani pembelian tiket saja, namun juga melayani refund dan reschedule tiket.

  • Melalui website KAI

Selain melalui aplikasi KAI Access, cara lain yang bisa kamu tempuh untuk membeli tiket kereta api secara online adalah lewat website resmi KAI di alamat kai.id. Kalau sudah berhasil masuk, kunjungi menu Pemesanan Tiket yang terletak di sisi kiri halaman web.

Langkah selanjutnya, atur pemesanan, mulai dari stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang yang akan berangkat. Kemudian, klik tombol Pesan & Cari Kereta, lalu lakukan pembayaran dengan metode yang tersedia.

  • Lewat telepon

Cara pesan tiket kereta api yang berikutnya adalah lewat telepon di nomor 121. Di nomor itu, kamu akan langsung terhubung dengan petugas yang melayani penjualan tiket. Siapkan e-KTP untuk memperlancar proses pembelian.

See also  Cara Mengatasi Stres saat Kerja dari Rumah, Simak Baik-baik!

Jika sudah terhubung, kamu bisa memilih jadwal keberangkatan, lalu menerima kode booking atau kode bayar yang bisa dipakai untuk melakukan pembayaran di ATM atau e-banking.

Sekedar informasi, batas waktu pembayaran tiket adalah sekitar 1 jam setelah melakukan pemesanan.

  • Lewat kanal penjualan lain

PT KAI telah menjalin kerjasama dengan sejumlah kanal penjualan tiket, seperti halnya supermarket atau e-commerce. Caranya tak jauh beda dengan yang sudah disebutkan sebelumnya.

Di sini, kamu akan mendapatkan kode booking setelah melakukan pembayaran. Satu hal yang perlu kamu ingat, jangan lupa untuk mencetak kode tersebut di stasiun pada hari keberangkatan.

Ya, itulah beberapa cara pesan tiket kereta api dengan cepat dan mudah. Cara mana yang menurut kamu paling sederhana?