Jangan Pernah Lakukan 5 Kesalahan ini saat Work from Home!

Di masa pandemi covid-19, banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan work from home bagi karyawannya. Tujuannya hanya satu, yaitu untuk memutus penyebaran virus corona yang masih tinggi.

Kebijakan work from home ini sejatinya jadi pengalaman baru bagi para karyawan. Tapi, di sisi lain, kebijakan ini juga dianggap menakutkan, sehingga menimbulkan pro dan kontra.

Oke, kita bahas lebih dalam terkait kebijakan baru ini!

Pada dasarnya, work from home punya sisi positif karena fleksibilitas yang sangat tinggi. Karyawan tak perlu menempuh perjalanan yang melelahkan untuk pergi dan pulang dari kantor. Sementara sisi negatifnya, butuh kesadaran diri dan disiplin yang tinggi agar bisa fokus dalam bekerja.

VP of Innovation di Massive Alliance, Tom Popomaronis, berbagi cerita tentang pengalamannya bekerja dari rumah kepada khalayak ramai. Sekedar info, sosok ini sudah menjalankan pola work from home sejak 10 tahun lalu, tepatnya waktu ia pertama kali membangun start-up.

See also  Perhatikan Baik-baik, Begini Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan Mudah!

Dijelaskan Tom, ada sejumlah kesalahan besar yang sering dilakukan oleh karyawan saat bekerja dari rumah. Akibatnya, pekerjaan jadi tidak efektif.

Berikut 5 kesalahan yang dimaksud:

Kerja pakai baju tidur

Menurut Tom, orang produktif tidak bekerja menggunakan piyama. Mereka mempersiapkan diri layaknya pergi ke kantor. Perlu kamu tahu, piyama bukanlah pakaian profesional. Pakaian tersebut tak akan menempatkan pikiran kamu dalam ‘mode kerja’.

Sebuah studi mengungkapkan, karyawan akan melaksanakan tugasnya dengan baik saat mereka memakai pakaian kerja. Selain itu, memakai baju rapi saat kerja dari rumah juga akan membuat kamu tak perlu repot-repot mengganti busana saat harus melakukan video conference.

Kerja di tempat tidur

Tidak semua orang bisa produktif saat bekerja dari tempat tidur. Karena itu, pertimbangkanlah untuk memiliki ruang kerja khusus saat work from home.

See also  Gampang Banget, ini Cara Dark Mode Instagram di Ponsel Android dan iOS!

Buatlah suasana kerja senyaman mungkin layaknya di kantor. Tak perlu ruangan bagus, yang penting jauh dari tempat tidur atau sofa. Gunakan pula tempat duduk yang nyaman agar suasana kerja semakin mantap.

Di saat bersamaan, gunakan juga lampu berwarna sejuk agar kerja kamu jadi lebih produktif. Jika memungkinkan, pindahkan meja kerja ke dekat jendela agar kamu mendapat sinar matahari yang cukup. Dengan begitu, energi kamu akan meningkat dan suasana hati pun jadi lebih baik.

Hilang komunikasi

Kesalahan lain yang juga perlu kamu hindari saat work from home adalah hilang komunikasi. Perlu dicatat, orang sukses selalu menjalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja, meskipun sedang bekerja dari jarak jauh.

Poin pentingnya, jalinlah komunikasi yang baik dengan rekan kerja melalui pesan teks, telepon, atau email. Diskusikan tujuan kamu untuk seminggu kedepan. Cara ini akan membuat lingkungan kerja jadi lebih nyaman.

See also  Mau Tau Cara Menggunakan WhatsApp Web dengan Mudah? Cek Ulasannya di Bawah ini!

Mengabaikan kesehatan

Saat berada di rumah, aktivitas fisik jadi lebih sedikit. Tak ada aktivitas jalan ke ruang rapat, ke kantin, atau ke kamar mandi. Akibatnya, kamu jadi rentan mengalami sakit punggung atau kaku karena terlalu lama duduk. Karena itu, cobalah untuk tetap berolahraga saat sedang bekerja dari rumah. Lakukan secara rutin!

Tidak membuat batasan

Kesalahan work from home yang terakhir adalah tidak membuat batasan dengan hal-hal yang bersifat pribadi. Seringkali, kamu mudah terdistraksi dengan hal-hal pribadi saat mengerjakan pekerjaan kantor. Solusinya, buatlah daftar tugas yang harus dikerjakan dan susun secara spesifik, terukur, dan bisa dicapai. Tak lupa, hindarilah membuka media sosial saat mengerjakan tugas!