Kisah Inspiratif tentang Ayah yang Rela Berjuang Buat Anaknya, Salut Banget!

Di banyak negara, Hari Ayah dirayakan pada hari Minggu di pekan ketiga bulan Juni. Tapi, di Indonesia, Hari Ayah diperingati pada tanggal 12 November setiap tahunnya. Sekedar info, Hari Ayah Nasional yang pertama dideklarasikan di kota Solo pada tahun 2006 lalu.

Ngomongin Hari Ayah, kayaknya kurang lengkap kalo nggak membahas kisah inspiratif tentang ayah yang rela berjuang demi bisa membahagiakan keluarganya. Meski tak selalu terkait harta, tapi setidaknya 5 sosok ayah ini patut diapresiasi pengorbanannya.

Inilah kisah inspiratif tentang ayah yang berhasil saya rangkum dari sejumlah sumber:

Seorang ayah yang gendong anaknya 28 km tiap hari

Kisah inspiratif tentang ayah yang pertama datang dari Negeri Tirai Bambu. Ayah tersebut bernama Yu Xukang. Sang anak diketahui mengalami kelumpuhan sejak lahir, sehingga ia harus menggendongnya sejauh 28 km tiap hari untuk ke sekolah. Yu selalu bangun jam 5 pagi untuk siapkan bekal dan makan siang buat sang anak.

READ  Kata-kata Mutiara BJ Habibie ini Keren Banget, Simak Selengkapnya!

Usut punya usut, Yu sebenarnya sudah mendaftarkan anaknya di sekolah reguler di desanya. Akan tetapi, sekolah itu menolak dengan alasan sang anak dinilai tak mampu secara fisik dan mental. Padahal, kata Yu, anakanya memang lumpuh, tapi otak dan pikirannya normal layaknya anak-anak biasa.

Penarik becak yang kuliahkan anaknya di Inggris

Pria asal Kendal bernama Mugiyono tak pernah menyangka jika sang putri, Raeni, bisa berkuliah di luar negeri. Pasalnya, ia hanya seorang penarik becak dengan penghasilan tak seberapa. Saat anaknya lulus SMA, Mugiyono bisa sedikit lega karena Raeni dapat beasiswa di Universitas Negeri Semarang. Tapi, Mugiyono harus berutang ketika sang anak membutuhkan laptop.

Ia pun memakai uang pesangon untuk melunasi utang dan membiayai hidup Raeni selama berkuliah. Untuk penuhi kebutuhan sehari-hari, Mugiyono jadi penarik becak dan menjadi penjaga sekolah pada malam hari. Singkat kata, Raeni berhasil lulus dengan predikat cumlaude dan mendapat beasiswa S2 di University of Birmingham, Inggris.

READ  Cara Membuat KTP itu mudah, ini Syarat dan Prosedurnya!

Kuli panggul yang punya anak sarjana

Kisah inspiratif tentang ayah yang berikutnya datang dari Filipina. Seorang wanita bernama Mailyn Esquelito Akoy membagikan kisah di media sosial tentang ayahnya yang merupakan seorang kuli panggul, namun bisa menguliahkannya sampai sarjana. Akoy mengaku bahwa perjuangan ayahnya tak hanya sekedar membiayainya kuliah, tapi juga harus menanggung beban saat rumahnya terbakar dan kakak laki-lakinya meninggal dunia setelah jatuh sakit. Keluarganya tak punya biaya untuk pengobatan. Saat ini, Akoy sudah menjadi wanita sukses di negaranya.

Seorang ayah rela makan mie instan selama 7 tahun agar anaknya bisa sekolah senam

Hou Yanwei, pria yang berprofesi sebagai tukang sapu ini rela makan mie instan dan roti kukus selama 7 tahun agar sang anak bisa mewujudkan mimpinya menjadi pesenam. Kata Hou, sang anak mulai jatuh cinta dengan senam sejak usianya 4 tahun. Ia pun berusaha keras untuk memasukkan anaknya ke Institut Pendidikan Jasmani di Wuhan. Karena biayanya cukup mahal, ia pun harus memangkas pengeluaran makannya setiap hari. Ia percaya bahwa pengorbanannya akan membuat hidup sang anak jadi lebih baik di kemudian hari.

READ  Cek Nih, Tips Traktir Teman saat Ulang Tahun biar Dompet Nggak Boncos!

Tukang angkut semen gendong sang anak waktu bekerja

Kisah inspiratif tentang ayah yang terakhir datang dari Vietnam. Pria yang tak disebutkan identitasnya ini diketahui selalu menggendong sang anak waktu bekerja menjadi pengangkut semen. Menurut kabar, ia merupakan orang tua tunggal, sebab sang ibu telah pergi entah kemana. Dalam foto yang beredar, sang pria tampak sedang merapikan karung semen sembari menggendong anaknya. Ia mengaku harus melakukan itu demi bisa memenuhi kehidupan anak tercintanya.

You May Also Like

About the Author: Rizki Antoni